Namanya kampung madu kelulut tapi tak masuk map

Sebenarnya semua  trip saya itu adalah satu rangkaian yang dituntaskan dalam satu hari saja,namun agar lebih terkesan tentunya akan berbeda tiap suasananya jika kita bisa menikmatinya dengan baik dan patut untuk diceritakan kepada teman yang ingin berkeliling atau ngetrip ke seputaran banjarbaru tercinta.



Sebenarnya kampung madu kelulut ini hanyalah sebuah lokasi kecil yang tak begitu luas bahkan terlihat seperti taman bunga yang ada di sebuah perumahan dan dikelola masih secara tradisional, namun karena ditata dengan baik dan ditumbuhi tanaman bunga beraneka ragam ada disana membuat suasana terlihat asri apalagi kotak-kotak tempat untuk sarang kelulut dibuat seunik dan sekreatif mungkin membuat mata betah untuk melihat lebih lama. Sayangnya sewaktu berkunjung kemarin sedang musim kemarau sehingga tanaman banyak yang gersang dan mati.









Fyi,kelulut adalah sejenis lebah kecil tanpa sengat yang juga menghasilkan madu dalam sarangnya namun rasanya beda seperti madu lebah yang biasanya,rasanya cenderung asam namun sangat baik untuk kesehatan apalagi yang mempunyai riwayat diabetes dan bahkan penyakit maag. Lebah kelulut juga sering bersarang di antara lipatan-lipatan papan atau dicelah-celah kayu yang ada di rumah maupun kayu-kayu yang mempunyai rongga-rongga,itulah bedanya dibandingkan dengan madu lebah yang lainnya.







Namun sayangnya tempat ini masih belum terdeteksi gmaps secara baik dan bahkan cenderung tak ditemukan,karena lokasinya berada diantara perkebunan karet dan sinyal juga tergolong kurang bagus sehingga gmaps tak mendukung untuk melakukan searching disini,namun jika ingin mengunjungi kiram park dari daerah sungai ulin banjarbaru kita akan lebih dahulu menemukan tempat ini karena tempatnya yang unik dan tersendiri membuat gampang terlihat dari tepi jalan dan untuk masuk ke dalam peternakan kelulut tidak dikenakan biaya apapun kok alias gratis,so tak perlu takut-takut ya yang penting sudah permisi kepada pemiliknya terlebih dahulu dan diharapkan tidak membuat keributan karena bisa mengganggu proses produksi nantinya.
Nama kampungnya yang tertera di papan petunjuk adalah kampung abit banjarbaru kalsel,namun tak ada tertera didalam gmaps so lebih baik secara manual aja alias tanya sana sini agar tak kesasar nantinya.



Selamat liburan.

Comments

Popular posts from this blog

hidden paradise in aceh singkil part 2

trip seharian ke tangkahan langkat