pulau tersembunyi di ujung sumatera itu bernama pulau banyak

hola backpakere
perjalanan kali adalah mengunjungi pulau banyak yang terletak di aceh singkil,NAD.kali ini dengan ikutan open trip yang ditawarkan oleh teman saya kemaren,hanya dengan ber enam saja open trip pun gooooo.
pulau banyak adalah sebuah gugusan pulau yang berjumlah kurang lebih hampir 90 pulau  dan masing-masing pulaunya sangat memanjakan mata pengunjungnya,keindahannya tak bisa diucapkan dengan kata-kata.
keindahannya mampu menghipnotisku agar tak bisa move on dari pulau ini,dan itu berhasil lho
pulau banyak berada di kabupaten aceh selatan atau dikenal dengan aceh singkil,sebuah kabupaten yang sedang berkembang seiring perkembangan waktu.
 luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 ha. Pulau Banyak yang terdiri dari gugusan pulau- pulau berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera.
pulau kecil nan indah
sekedar info buatmu teman,untuk mengunjungi pulau ini tak cukup seminggu lho.
kehidupan warga disana adalah nelayan dan berkebun di pulau terdekat,dan hampir seperempat pulau mayoritas sudah ada penghuninya,walaupun kepemilikan turun temurun.namun itu tak menjadi penghalang untuk mengunjungi pulau tiap pulau.
salah satu pulau terkenal disana adalah pulau rangit yang ada mercusuarnya,pulau tailana dan pulau matahari sebagai tempat para bule yang hobi surfing dan itu adalah pulau terjauh dari pulau banyak.

pulau rangit

 

1.
pulau rangit adaalah salah satu pulau yang ada mercusuarnya dan itu masih aktif,walaupun badan bangunan ada kerusakan,namun ketika kami berkunjung kesana sudah ada pembangunan untuk menjaga agar bangunannya tidak semakin rusak.
dan pulau ini tidak berpenghuni namun rutin dikunjungi oleh marinir maupun dinas terkait untuk memperbaiki lampu suarnya.

lihat sajalah bagaimana lagi keindahannya ya,pasir putihnya yang lembut menggoda badan untuk berguling-guling bak manusia kahyangan pemilik pulau.

2.pulau tailana adalah surganya bagi pulau banyak ini,dengan ditandainya terumbu karangnya yang bisa dilihat langsung tanpa harus melakukan aktivitas diving.cukup hanya dengan snorkeling maupun berdiri saja. namun harus berhati-hati guys karena karangnya tajam dan resiko tanggung sendiri hahaha (ketawa setan).



semakin menggoda jiwa jika bisa masuk dalam laut birunya dan ikut menari dengan ikan-ikannya,atau bertemu dengan si nemo ataupun dory seperti film terkenal kartun finding nemo,dan di pulau banyak ada versi nyatanya guys,buktikan.
3.pulau asok,pulau ini di huni seorang kakek nan baik hati lho guys.
jika ingin berkunjung ke pulau ini akan disuguhkan dengan yang namanya air kelapa,slurppp segarnyaaa setelah usai bermain-main di pantai.
harganya juga gak mahal amat kok,sekitar Rp.5000 -Rp.10.000 saja,itung-itung sebagai tiket masuklah....

dan disini bisa menyaksikan sunset yang langsung di depan mata dan sempurna.
itulah sebagian cerita saya dari pulau yang indah ini,sengaja belum mau mau menceritakan tentang akomodasi dan lainnya agar kalian penasaran dan kepo padaku hahahah
sampai bertemu di cerita lainnya ya....





Comments

Popular posts from this blog

Namanya kampung madu kelulut tapi tak masuk map

hidden paradise in aceh singkil part 2

trip seharian ke tangkahan langkat