pulau nan cantik si pulau pandang


sumatera utara adalah salah satu provinsi yang sangat terkenal di indonesia,dimulai dari sukunya yang beragam,makanan khas sampai tempat wisatanya yang indah.
salah satu lokasi wisata andalan di sumatera utara adalah wisata lautnya,dan bercerita tentang lautnya kali ini saya akan bercerita tentang salah satu pulau indah yang sudah saya kunjungi. nama pulau yang terkenal itu adalah pulau pandang dan salah namo yang berlokasi di kabupaten batubara.
 Pulau Pandang dan salah namo berada di Selat Malaka, di sebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara.Kurang lebih 3 jam dari kota medan. Tidak banyak informasi mengenai pulau Pandang, bahkan bagi warga Sumut sendiri kebanyakan tidak mengetahui keberadaan pulau Pandang dan salah namo yang ternyata terletak di kabupaten Batubara. Pulau eksotis nan cantik ini bak permata mentah yang belum diasah dan di tata dengan baik. Keindahannya akan terus tersembunyi selama dinas pariwisata Batubara sendiri tidak berusaha mengasah potensi wisata pulau ini.
Kedua pulau ini berada di luar Pulau Sumatera tepatnya dekat dengan Selat Malaka, yang dapat ditempuh melalui Pelabuhan Tanjung Tiram, Kota Batubara. Jika dari Medan menuju kota Batubara dapat menempuh perjalanan selama 3,5 jam, dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Melalui pelabuhan ini, dapat menyewa kapal nelayan untuk mengantarkan ke Pulau Salah Namo dan Pulau Pandang.
   Pulau yang akan Saya kunjungi yang pertama tampak ketika akan sampai yaitu Pulau Salah Nama. Pulau ini sangat indah dengan air laut dipinggirannya sangat jernih dan muncul hasrat keinginan untuk terjun berbasah – basah ke dalam air atau sambil snorkeling. Tetapi pesisir pantainya sangat kecil, lebih banyak tebing yang terjal dijumpai. pulau ini kurang layak jika ingin snorkeling karena banyaknya karang tajam dan hampir menutupi semua bebatuan yang ada di tepi pantainya,patainya sendiri juga kecil saja,namun keindahannya layak di acungi jempol.
Pulau berikutnya yang saya kunjungi dan merupakan pulau tujuan utama di kabupaten batubara ini adalah pulau pandang. pulaunya yang indah dan di kelilingi pantai yang memanjakan matabagi setiap pengunjung yang datang kemari
Dari segi keindahan, gak diragukan lagi. Kelelahan kami karena tersengat teriknya mentari sirna ketika melihat hamparan pasir putih dan susunan batu yang keren abis. Belum lagi pantainya yang jernih bagai zamrud yang berkilau.

Keindahannya yang memanjakan mata membuat saya tidak sabar untuk segera menjejakkan kaki disana,sepanjang garis penginapannya penuh dengan pasir mulus nan lembut di kaki membuat kita selalu ingin berlari tiada henti. Sayangnya pulau yang indah ini banyak sampahnya lho,baik sampah yang di bawa oleh wisatawan maupun yang hanyut di bawa ombak yang terhempas hingga sampai ke pulau ini.
dan juga sarana prasarana masih kurang di perhatika,padahal potensi pulau ini sangat menggoda dan akan semakin menanjak jika diperhatikan dengan seksama oleh dinas terkait dari pemkab batubara sendiri.padahal pulaunya terbagi dua kepemilikanny,sebelah di miliki oleh pemkab batubara dan sebelah lagi dimiliki oleh marinir yang berjaga di pulau ini.

penampakan pulaunya yang indah dari mercusuar,di kejauhan terlihatlah pulau salah namo.ketika sampai di puncak mercusuar ini kita akan di manjakan dengan garis pantainya yang biru dan indah sekali



















Comments

Popular posts from this blog

Namanya kampung madu kelulut tapi tak masuk map

hidden paradise in aceh singkil part 2

trip seharian ke tangkahan langkat