air terjun sikulikap

hola backpakere,saya kembali lagi nih.....
setelah hampir seminggu penat bekerja,kini saatnya memanjakan mata dulu,walaupun rutinitas tak begitu padat tapi tubuh ini juga membutuhkan refreshing agar tetap fit dan aktif selalu.
 
sebenarnya tidak ada rencana ingin kemari,semuanya berawal dari keisengan semata sang teman yang mengatakan jenuh di kost dan ingin keluar dari rumahnya yang sungguh sangat nyaman sebenarnya untuk bertahan alias tidur. ide sebenarnya hanyalah ingin keluar dari rumah saja atau dengan kata lain berkeliling di dekat-dekat rumah saja,namun rencana tinggal rencana karena perjalanannya ternyata sedikit jauh dari rumah yang ditinggali.

dan tujuan kita adalah berastagi yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam tergantung situasi di perjalanan,dan akhirnya yeayyyyy goes to berastagi. daerah ini adalah satu spot tujuan wisatawan domestik maupun internasional  yang ingin refreshing dan menikmati keindahan alamnya yang masih segar dan sejuk.
keindahannya sendiri tak diragukan lagi,menjadikan berastagi menjadi salah satu daerah barometer wisata yang sangat terkenal di sumatera utara.sebenarnya sangat banyak spot wisata andalan yang ada di daerah ini namun kali kita hanya akan membahas tentang salah satunya yaitu air terjun sikulikap




Dulunya air terjun ini sangat terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung,namun seiring waktu lokasinya perlahan ditinggalkan namun belakangan ini mulai lagi mengeliat dan berkat sosial media perlahan pamornya meningkat lagi.lokasinya sendiri tidak begitu sulit untuk di jangkau,namun perlu sedikit olahraga karena jalannya yang menurun dan juga sedikit licin dan bergelombang.





Jalan menuju ke lokasi air terjunnya lumayan parah kerusakannya,dan belum ada perbaikan sama sekali dan perlu hati-hati jika ingin datang kemari karena sudah ada bekas longsor yang membuat jalannya rusak dan jurangnya yang curam membuat kita ekstra hati-hati.
namun semuanya terbayar ketika kita sudah tiba di air terjun sikulikapnya,rasa lelah dan deg-degan karena jalannya yang rusak tadi hilang tak berbekas ketika sudah bertemu langsung dengan air terjun yang indah ini.

lihatlah betapa indahnya,dan debit airnya juga deras membuat kita terkena hawanya padahal sudah lumayan jauh lho dari tempat jatuhnya air trjun tersebut,namun sayangnya ketika kita melihat ke dasarnya kita kan mersa miris karena ternyata banyak sampah di sekeliling sungainya,baik itu sampah organik maupun sampah plastik.tentunya itu sangat mengganggu kenyamanan pengunjung namun apa daya,karena persis diatas daripada air terjun ini adalah tempat persinggahan sementara pengunjung  yang disebut dengan penatapan bakaran jagung,tempatnya memang keren,pemandangan ke depannya juga keren karena kita bisa melihat lahan maupun kota medan samar-samar di kejauhan jika cuacanya bersih dari awan.namun jangan melihat kebawah dari tempat kita bersinggah di penatapan tersebut ya,karena yang kita lihat adalah banyaknya sampah yang menumpuk dan itu adalah sampah yang tidak bisa hancur dalam sekejap,misalnya sterofoam mie instan,plastik-plastik sisa makanan,maupun tongkol jagung bakar maupun rebus yang di buang secara sengaja maupun tidak sengaja oleh pengunjung.

Jika kita ingin berkunjung kemari dari kota MEDAN,tempat penandanya bahwa kita telah sampai adalah gapura penatapan tersebut dan jembatan yang membatasi deli serdang dengan kabupaten karo.



nah,persis dari samping gapura tersebutlah kita akan menemukan sebuah gapura kecil yang ditulis dengan cat minyak warna hitam putih,dengan bentuk gapura bubungan rumah adat karo yang sudah usang dan sedikit rusak

dan ini adalah jajaran warung-warung yang ada di penatapan bakaran jagung,so,sangat mudah untuk menemukannya bukan? jika kita datang menggunakan mobil maupun sepeda motor,kita bisa parkir dimana pun sepanjang tempat penatapan ini dengan catatan kita membeli makanan ataupun minuman di warung tersebut,dan biasanya tak ada pungutan parkir apapun disana. dan jika kita menggunakan angkutan umum dari medan kita bisa meminta kepada kernet agar menurunkan kita di penatapan berastagi,untuk menandainya kita akan mendengar suara sang kernet yang dengan nyaring dia akan berkata "penatapan..penatapan.. ada yang turun di penatapan????"

Banyak angkutan umum dari medan tujuan berastagi misalnya adalah sinabung transport,sutra,murni,dsb. sekitar jam 08.00-15.00wib,bus-bus tersebut akan berawal dari terminal pinang baris,namun begitu lewat dari jam tersebut bus hanya akan menunggu di daerah simpang pos saja.cek map disini sikulikap air terjun.so,jika kamu ingin berkunjung ke berastagi,tak ada salahnya jika kamu juga mengunjungi air terjun ini
nikmati harimu ya...




Comments

Popular posts from this blog

Namanya kampung madu kelulut tapi tak masuk map

hidden paradise in aceh singkil part 2

trip seharian ke tangkahan langkat