keliling kota medan seharian

Banyak orang yang kebingungan ketika datang ke kota medan dan menanyakan apa saja yang khas dari kota yang identik dengan kata batak,padahal suku asli yang ada di kota medan sendiri adalah suku melayu deli,pertanyaan yang pertama terucap adalah makanan khas dari kota medan barulah kemudian wisata dan lain sebagainya.
dan berbicara tentang wisata di kota medan sendiri,ternyata ada begitu banyak spot wisatanya mulai dari yang berbau sejarah hingga yang baru tren belakangan ini,semuanya masing-masing memiliki keunikan sendiri dan tak ada di tempat lain. spot-spot wisata di kota medan yang sudah pernah author kunjungi adalah sebagai baerikut.

1. Mesjid raya medan (masjid al-mashun)

masjid ini adalah salah satu spot wisata andalan yang terkenal di kota medan,berlokasi di jl.sisingamangaraja dan berseberangan dengan salah satu pusat perbelanjaan membuat masjid ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun interlokal bahkan mancanegara muslim maupun non muslim,keindahan bangunannya yang khas dan unik. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. Masjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli (Kota Medan)  (by wikipedia).

2.istana maimun

Bangunan sejarah ini berdekatan tempatnya dengan masjid raya al mashun,dan bisa dibilang masih memiliki ikatan yang erat karena memang tempat ini adalah tempat kesultanan deli beribadah dulunya dan hingga kini,arsitekturnya sendiri tak begitu jauh berbeda dengan masjid raya,yang membedakan adalah warna dan corak khas melayu yang memenuhi interior bangunannya. Tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap hari bahkan selalu membludak ketika hari libur maupun minggu tiba, jam buka untuk umum  mulai pukul 10.00 s/d 17.00 wib. Disebelah istana sendiri ada meriam puntung yang tersohor dan sudah menjadi legenda di kalangan warga medan sendiri.

3. Gereja Annai Velangkanni


Belakangan ini wisata di kota medan sudah mulai terkenal ke semua kalangan,dan membuat orang berlomba-lomba untuk mengunjungi semuanya dalam sekali perjalanan. Salah satunya adalah gereja ini,banyak orang tak akan menyangka bahwa bangunan yang unik ini adalah sebuah gereja khususnya gereja umat katolik,motif bangunannya sendiri di adopsi dari bangunan umat hindu india tamil dan khas dengan arsitektur hindunya.Dan pendiri bangunan ini sendiri adalah seorang warga medan keturunan india tamil dan banyak keturunan india juga yang bermukim di sekitar lingkungan gereja.

4.penangkaran buaya asam kumbang



Sesuai namanya tempat ini adalah tempat dimana hewan berdarah dingin ini di ternakkan,dan berlokasi di daerah asam kumbang. Banyak buaya yang ada di penangkaran ini,mulai dari umur sebulanan sampai puluhan tahun,dari yang kecil sampai yang besarnya melebihi ukuran manusia. tempat ini bagus untuk dikunjungi sebagai wahana edukasi bagi anak-anak namun  harus di awasi penuh oleh guru maupun orang tuanya. dengan harga tiket Rp.6.000,- dan itu berlaku untuk semuanya.
Jika ingin menyaksikan atraksi maupun berfoto secara langsung dengan buaya,datang saja di sekitaran pukul 13.00-14.30 wib,dan jangan lupa membayar biaya untuk bisa berfoto dengan buaya karena sekarang semuanya serba berbayar,dan mungkin itu menjadi momok yang tidak mengenakan bagi pengunjung lokal.



Comments

Popular posts from this blog

Namanya kampung madu kelulut tapi tak masuk map

hidden paradise in aceh singkil part 2

trip seharian ke tangkahan langkat